Share this history on :

Selasa, 23 Agustus 2011

Pengertian ufo dan kejadian lainnya.

Pengertian Ufo

Pada dasarnya semua kasus UFO merupakan anekdot, sesuatu hal yang dipaksakan. UFO digambarkan secara beragam seperti benda yang bergerak secara cepat atau melayang; kapal berbentuk piring, kapal berbentuk cerutu, atau kapal berbentuk bola; benda yang bergerak secara diam-am atau pun benda yang bergerak dengan menimbulkan kebisingan; benda yang menggunakan alat pembuangan gas yang panas, atau benda tanpa alat pembuangan gas; benda yang kehadirannya telah diiringi dengan cahaya yang menyala sebentar-sebentar, atau benda yang menyala secara keseluruhan dengan warna keperak-perakan, atau benda yang menyala sendiri. 

Perbedaan hasil pengamatan ini mengisyaratkan bahwa mereka bukanlah suatu kebiasaan yang asli, dan bahwa mereka telah menggunakan beberapa bagian sebagai UFO atau "piring terbang" yang telah disiapkan hanya untuk membingungkan masalah oleh pengelompokkan secara umum tentang penataan fenomena yang tidak berkaitan. Di sana terdapat sesuatu hal yang ganjil tentang penemuan ungkapan "piring terbang". Seperti ketika saya sedang menulis bab ini, sebelumnya saya telah memiliki suatu naskah bertanggal 7 Apil 1950 berisi wawancara antara Edward R. Murrow, pembawa berita CBS yang terkenal dengan Kenneth Arnold, seorang pilot sipil yaitu orang yang telah melihat sesuatu yang aneh dekat Pegunungan Rainier di wilayah Washington pada tanggal 24 Juni, 1947 dan dia juga merupakan orang yang telah menciptakan ungkapan "piring terbang. Arnold mengungkapkan bahwa koran-koran tersebut: tidak mengutip perkataan saya sebagaimana mestinya. 

Saya katakan bahwa pers telah salah mengutip ucapan saya, dan dalam pernyataan tentang semua hal itu, satu koran dan koran lainnya telah mendapatkan berita itu jadi begitu memikat bahwa tidak ada seorang pun yang mengetahui dengan benar apa yang sebenarnya sedang mereka bicarakan di atas….Beberapa objek, sedikit banyak sepertinya telah mereka buat menjadi suatu kebingungan, oh, Saya pernah mengatakan bahwa sepatu botsnya tahan air… dan ketika saya menggambarkan cara mereka terbang, saya telah mengatakan bahwa mereka terbang seperti mereka mengambil suatu piring dan melemparkannya melintasi air. Sebagian besar koran-koran tersebut salah mengartikan dan salah mengutip ucapan saya. Koran-koran tersebut mengatakan bahwa mereka seperti piring; Saya mengatakan bahwa mereka terbang dalam peralatan yang seperti piring.

Arnold berpikir bahwa dia pernah melihat kereta api yang mengangkut sembilan objek, yang salah satu objeknya telah menghasilkan suatu "cahaya biru yang menyala hebat". Dia menyimpulkan bahwa benda tersebut merupakan suatu jenis baru dari sayap pesawat udara.
Murrow menyimpulkan: "Hal itu merupakan suatu kesalahan mengutip yang historik. Sementara Mr. Arnold' menjelaskan keaslian tersebut telah telah dilupakan, ungkapan 'piring terbang' telah menjadi suatu perkataan yang terkenal". Piring terbang Kennet Arnold's tampaknya benar-benar berjalan secara berbeda dari apa yang pernah dilihat beberapa tahun yang lalu dan menjadi suatu keteguhan terutama dalam pemahaman masyarakat tentang hal ini: seperti suatu hal yang sangat besar dan sangat tinggi dalam menggerakan piring terbang. Secara jujur sebagian orang melaporkan bahwa mereka melihat benda itu, apa yang telah mereka lihat itu sebenarnya alami, hanya saja peristiwa itu tidak biasa. 

Beberapa pengamatan UFO telah menghasilkan pesawat udara inkonvensional, pesawat udara konvensional dengan pola cahaya yang luar biasa, balon udara yang memiliki ketinggian yang besar, serangga bercahaya, planet-planet yang terlihat dibawah kondisi atmosfir, khayalan mata yang terbayang, awan bermata, cahaya bola, matahari yang seperti anjing, meteor termasuk bola api hijau, dan satelit, kerucuthidung, dan dorongan spektakuler roket yang memasuki atmosfir'. Hanya menurut perkiraan orang, benda tersebut mungkin merupakan komet kecil yang berhamburan di udara. Beberapa laporan radar yang terbaru mengharuskan "perkembangan ganjil" - gelombang radio telah menjalankan garis edar yang mempesona bagi pembalikan temperatur atmosfir. Secara tradisional, mereka juga disebut sebagai "malaikat" pengawas - sesuatu yang kelihatannya ada di sana padahal tidak ada (tidak nampak). Anda dapat memiliki secara bersama-sama gambar dan pengamatan radar tanpa harus berada "di sana".

Sejarah tentang UFO Sejak 1870-2008

Penyelidikan UFO mendetail pertama di dunia, bisa dibilang terjadi diawal abad ke-13, tepatnya pada 1235ketika pasukan Jendral Jepang Yoritsume’s mengamati fenomena cahaya yang tak dapat dijelaskan di angkasa.

Jendral lantas menugaskan sekelompok penyelidik untuk mempelajadi kasus ini, dan akhirnya menawarkan kesimpulan bahwa yang mereka lihat saat itu adalah sekedar bintang, yang bergoyang-goyang karena angin.

Di dunia modern, penelitian serius mengenai fenomena penampakan UFO telah dimulai pada sekitar tahun 1933 terhadap fenomena “Ghost Plane” di Skandinavia dan negara-negara lain di daratan Eropa . Di Australia sendiri, penelitian ini telah dimulai lebih awal lagi yaitu pada tahun 1920, ketika kapal laut SS Amelia J. menghilang di Selat Bass.

Hilangnya kapal laut ini, ternyata terjadi bersamaan dengan banyaknya laporan mengenai munculnya sinar-sinar misterius di selat tersebut . Di Amerika Serikat, penelitian dimulai pada tahun 1947 atas kasus perjumpaan UFOyang dilaporkan Kenneth Arnold dalam penerbangannya di Gunung Rainier, AS. Sedangkan di Indonesia, semenjak J.Salatun menempati jabatannya pada tahun [?]1967.


Namun walaupun telah puluhan (bahkan ratusan) tahun berlalu, tetap tidak ada penjelasan memuaskan yang dapat diberikan dari rangkaian penelitian atas fenomena UFO. Dan ternyata, dengan semakin canggihnya teknologi saja, fenomena UFO ini masih tetap menyimpan banyak misteri.

Pada masa abad pertengahan, fenomena penampakan UFO seringkali dikaitkan dengan hal religius, atau superstitius. Tak jarang penampakan UFO di langit dianggap sebagai pertandadari Tuhan atau dewa-dewa atas musibah yang akan datang, atau menyertai suatu kejadian khusus.

Termasuk dalam hal ini misalnya beberapa lukisan abad pertengahan yang menggambarkan Yesus atau figur Kristen sakral lainnya, dengan latar belakang benda terbang misterius dilangit.

1561: One of most famous early UFO case, where the citizens of the Nürnberg got into abashed witnesses of strange phenomena above the city. Strangeness of this phenomenon meant lot of cross and saucer like flying objects. Case had noticed by the local media and artist.

Sedangkan pada masa yang lebih kuno, yaitu pada masa prasejarah, penampakan UFO ini seringkali memang dipercayai sebagai peristiwa kedatangan dewa yang mereka sembah, dewa yang pada jaman dahulu mengajarkan kebudayaan dan teknologi pada cikal bakal manusia modern.

Di Amerika Selatan, terdapat beberapa patung kuno peninggalan suku Indian yang menggambarkan dewa mereka yang turun dari langit. Uniknya, dewa yang mereka rupakan ini jika dilihat dengan sudut pandang modern ternyata sangat mirip dengan gambaran seseorang astronot!Astronot yang digambarkan berpakaian antariksa, komplet dengan helm bulatnya, sedang menunggangi roket dengan menghadapi serangkaian panel pengendali!

Pendapat mengenai penampakan dan identitas UFO ini kemudian berkembang seiring dengan mundur dan majunya peradaban-peradaban besar dunia, perkembangan teknologi, dan terutama dengan timbulnya kemampuan manusia untuk melakukan halyang sama; terbang.

Ketika manusia memiliki kemampuan untuk menjelajah langit, tingkat pertemuan antara manusia dengan UFO pun makin meningkat. Keberhasilan Wright bersaudara untuk menunggangi angin dan membuat pesawat terbang, membuktikan bahwa terbang bukanlah hak eksklusif bangsa burung dan unggas.

Dari pencapaian prestasi ini manusiapun lalu melihat fenomena UFO sebagai suatu hal yang lebih terukur dan lebih “membumi”, bukan sebagai dewa yang turun dari langit, namun sebagai hasil teknologi maju dari mahluk yang mungkin mirip seperti manusia.

Dari serangkaian penelitian yang kemudian dilakukan terhadap fenomena penampakan UFO, baik oleh pihak militer maupun sipil, maka dapat diambil beberapa anggapan umum mengenai asal-usuldari UFO serta teknologi dan peradaban yang berada dibelakangnya. Adapun pendapat yang berkembang saat ini mencakup asal-usul dan keberadaan UFO sebagai:

  1. Senjata Rahasia Perang
  2. Peradaban Asing Luar Angkasa
  3. Kendaraan Para Dewa
  4. Sisa Peradaban Kuno Canggih
  5. Produk Peradaban Tersembunyi
  6. Eksperimen Militer Negara Adikuasa
  7. Hasil Peradaban Evolusi Alternatif
  8. Penjelajah Waktu Dari Masa Depan
  9. Penjelajah Dari Dunia Paralel
  10. Spesies Biologis Aerial
  11. Jin

    Inilah Negara-Negara Dengan Kasus Penampakan UFO Terbanyak
Beberapa kisah yang diungkap di sini sangat dramatis, dan nyaris sulit dipercaya karena seperti kisah-kisah alien dalam film-film Hollywood. Pernahkah anda membayangkan pada suatu hari terjadi pertempuran antara alien dan tentara penyelam Uni Soviet di Danau Baikal, danau air tawar terbesar dan terdalam di dunia, yang berada di wilayah Rusia. Ini kisah nyata loh, bukan fiksi. Terjadi tahun 1982. ertempuran itu berakhir dengan tewasnya tiga penyelam tentara, empat luka parah, sedang alien konon berhasil meloloskan diri. Kisah menghebohkan lainnya terjadi pada 1996, sejumlah alien terdampar di kota Varginha, Brasil. Makhluk aneh ini memiliki kepala besar, mata merah dan besar, berbadan tipis namun konon kelihatan lemah dan sakit.


Anak-anak sedang melihat sebuah model yang menyerupai makhluk Alien di International UFO Museum & Research Centre, Roswell, New Mexico
Dua hari kemudian, beberapa dari alien ini tergeletak mati di jalan. Kisah ini sangat menghebohkan, namun pemerintah Brasil kala itu membantah keras. Padahal ada saksi mata dari kejadian itu. Kisah lain yang juga seru adalah ‘penyerbuan’ 21 UFO ke wilayah udara Brasil sehingga mengacaukan lalu lintas udara.Akibatnya Brasil mengerahkan pesawat tempurnya untuk memburu kelompok UFO itu. Insiden ini diakui oleh Menteri Pertahanan Udara Brasil Brigadir Octavio Moreira, dua dekade kemudian.Sikap Brasil terhadap fenomena UFO ini memang agak berbeda dengan Negara lainnya. Brasil adalah Negara pertama di dunia yang secara resmi dan terbuka mengakui realitas fenomena UFO, juga negara pertama yang melakukan penelitian terhadap UFO secara terbuka. eperti kita tahu, kasus penampakan UFO terjadi di banyak Negara di dunia. Namun berkat TV dan Film, banyak orang percaya bahwa Aliens mengunjungi Amerika Serikat hampir secara eksklusif, tentu saja anggapan ini tidak benar.

Karena UFO menampakan diri di seluruh dunia, bahkan ke negeri-negeri kecil atau kawasan yang sebelumnya kurang dikenal dunia. Meskipun, memang dalam hal kuantitas jumlah penampakan UFO di negeri Paman Sam itu, berada di urutan teratas, alias terbanyak dibanding Negara lain.

1. Amerika

Nah, Negara super power ini berada di urutan pertama karena menjadi tempat paling sering (terbanyak) dikunjungi UFO dibanding Negara lain di seluruh dunia. Ada ratusan penampakan UFO dilaporkan setiap tahunnya.

Karenanya ada sebutan  untuk hal ini yakni Amerika Serikat adalah tempat ‘berlibur’ utama UFO di dunia. Bukan itu saja, Amerika Serikat juga memegang rekor terbanyak jumlah pelaporan kasus penculikan manusia oleh makhluk asing (alien)

Salah satu kisah penculikan terkenal adalah kisah Travis Walton. Travis adalah seorang penebang kayu di daerah Arizona. Ia mengaku diculik oleh benda asing tak dikenal.

Benda tersebut terbang di angkasa dan melumpuhkannya dengan menyorotkan cahaya. Setelah mengalami pengalaman aneh itu, Walton menulis sebuah buku berjudul "The Walton Experience". Buku tersebut diangkat menjadi sebuah film dengan judul Fire in the Sky.



Penebang kayu asal Arizona ini mengaku diculik alien

Ada pendapat yang mengatakan bahwa korban penculikan diajak ke dimensi yang berbeda dengan dimensi manusia, karena dalam suatu kasus penculikan korban merasa diculik pada jam 09.00 dan dikembalikan pukul 09.00 pula, padahal ia merasa diculik berjam-jam. Menurut peneliti BETA, ini adalah kemungkinan pemindahan dimensi, dimana waktu dalam dimensi lain berbeda dengan waktu dalam dimensi manusia.Kasus lain yang juga menarik dan juga popular adalah penampakan pada Maret 1997.
Dikatakan menarik, bukan hanya kejadiannya saja tapi juga jumlah saksi matayang mencapai ribuan orang.

Malah disebut 10 persen penduduk Arizona menyaksikan pemandangan langka ini. Para saksi mata ini menyebut mereka melihat pesawat berformasi segitiga atau “V” terbang di atas kota Phoenix, Arizona, pada malam 13 Maret 1997.


bentuk ufo seperti huruf "v"
 Tapi ‘Insiden Roswell’ mendapat catatan tersendiri dalam sejarah UFO dunia. Wikipedia menyebutkan pada tanggal 4 Juli 1947, ditemukan serpihan piring terbang di sebuah kawasan peternakan di kota Roswell,New Mexico, setelah badai menerjang. Konon, bersama piring terbang itu juga ditemukan empat alien, makhluk aneh berkepala besar dengan badan berwarna abu-abu. (Kabarnya, 2 alien itu mati, 1 lari kemudian mati ditembak, 1 sekarat kemudian mati)Ketika laporan jatuhnya piring terbang itu disampaikan, tim angkatan udara AS datang dan langsung mengangkat serpihan pesawat angkasa beserta empat alien itu. Komandan di pangkalan Angkatan Udara Roswell mengatakan pada wartawan, ada cakram terbang yang ditemukan di tempat itu. Pernyataan tersebut diperkuat oleh Grady Barnett dan tim arkeologinya.Namun empat hari kemudian muncul bantahan bahwa serpihan itu bukan pesawat angkasa, melainkan balon cuaca. Ketika itu memang informasi soal UFO belum seterbuka sekarang, malah ada kesan menutupi. Penyelidikan tentang UFO masih menjadi rahasia Negara. Setelah kejadian itulah, muncul istilah ‘UFO’ (Unidentified Flying Object) menggantikan istilah ‘piring terbang’, oleh Kapten Edward J. Ruppelt, pada 1952.

2. Brazil

Brazil berada di urutan kedua. Bukan hanya karena banyaknya kasus penampakan UFO di wilayahnya, tapi juga ‘kualitas’ dari kasus-kasus itu yang sungguh mencengangkan. Kalau sebagian dari kita hanya menyaksikan ‘penyerbuan alien’ ke bumi hanya dalam film-film Hollywood, atau menyaksikan bagaimana UFO menyerang penduduk dengan sinar laser pesawatnya hanya dalam film, tapi ternyata kejadian itu, konon benar-benar terjadi di sana.
Nggak percaya, kan?? Kejadian-kejadian seperti itu seperti tidak masuk akal. Mungkin anda juga tak pernah tahu kalau kasus-kasus penampakan UFO di negeri ini, beberapa di antaranya malah menimbulkan korban. Mungkin mirip seperti di Rusia di mana tiga orang tewas saat berkelahi denganalien.
Malah di Brasil, kehadiran alien ini kemudian dihubungkan dengan pemunculan Chupacabra, makluk aneh dengan duri di leher hingga pangkal ekor. Chupacabra ini kerap juga disebut ‘kambing penghisap darah’yang nyaris seperti mitos, tapi di masa modern seperti sekarang, pemunculan makhluk aneh itu beberapa kali dilaporkan. 

UFO di atas Trinidade Island, Brazil in May 1958

Salah satu kasus UFO yang menggerkan adalah seorang penduduk yang tanpa sengaja memergoki makhluk asing itu, diserang dengan sinar laser, untungnya dia berhasil selamat. Namun luka-luka yang dideritanya cukup serius, sekujur tubuhnya menderita luka bakar radiasi juga ada luka bekas tusukan.
Tidak seperti di Negara lain, nampaknya UFO yang datang ‘berkunjung’ ke negeri ini cukup ‘agresif’. Itu sebabnya sikap pemerintah Brasil pun cukup serius menanggapi hal ini yakni dengan kekuatan militer. Untuk yang satu ini anda boleh percaya boleh tidak. Memang mirip film-film alien versi Hollywood.

Seperti misalnya, ketika dua alien dipergoki berada di kota Varginha pada 1996. Kasus ini sempat menggegerkan dan dipublikasikan ke seluruh dunia. Tapi hal itu dibantah keras oleh pemerintah, ada kesan sengaja menutup-tutupi hal tersebut. Padahal, konon, ada beberapa orang menjadi saksi mata peristiwa itu. Informasiyang beredar pun menjadi simpang-siur.
Wikipedia menjelaskan, ketika itu media massa mengungkapkan, makhluk aneh itu pertama kali terlihat oleh tiga orang perempuan; Liliane dan Valquíria Fatima Silva, dan Katia Andrade Xavier. Mereka melihat makhluk asing ini pada suatu sore pada 20 Januari 1996, tingginya 1,6 m, kepalanya besar dan tubuhnya sangat tipis, kulitnya coklat dan mata merah besar serta bau. Menurut ketiga gadis ini, makhluk asing itu terlihat lemah, seperti terluka atau sakit.

3. Rusia
Selain Amerika, angkatan udara Rusia adalah salah satu yang juga dibuat bingung dengan penampakan UFO. Selama masa perang dingin, kerap kali dua Negara, Rusia dan Amerika bertikai soal adanya pesawat asing yang terbang melintas di wilayah mereka.

‘UFO’ yang terbang di perbatasan kedua Negara (Cina-Rusia). Tapi tuduhan ini dibantah oleh Cina. Perbatasan kedua Negara (Rusia-Cina) yang dimaksud adalah pengunungan Altai yang selama ini dianggap sebagai salah satu daerah di dunia yang paling aktif aktivitas UFO-nya.

Kawasan pegunungan Altai adalah lokasi hutan belantara terpencil, di mana kebanyakan penampakan jarang dilaporkan dan juga hampir mustahil untuk dilakukan verifikasi.
kawasan rusia
 Konon, tahun 1968, UFO jatuh di sebuah hutan di wilayah kekuasaan Uni Soviet. Mayat alien kabarnya sempat dikeluarkan dari pesawat dan diotopsi. Sayangnya info tentang ini sangat rahasia.


4. Cina

Cina dan daerah otonom Tibet juga mempunyai catatan sejarah panjang tentang kehidupan makhluk asing dan penampakannya sejak ribuan tahun lalu di wilayahnya. Cerita-cerita dongeng kuno Cina mengungkap hal itu. Misalnya mitos yang berbicara tentang mesin terbang yang kadang disebut sebagai mutiara dari langit, kadang dibuat oleh manusia, namun lebih sering disebut dibuat oleh para dewa.
Beberapa pengamat UFO, khususnya Hartwig Hausdorf telah berspekulasi bahwa banyak kisah dalam mitologi naga Cina merujuk pada makhluk asing.

Misalnya kisah kaisar Cina yang naik kereta terbang yang ditarik oleh naga atau kisah dewa-dewa yang turun dari langit menunggang naga. Bahkan kisah tentang seorang kaisar yang mencapai keabadian, dia diambil oleh naga dan diterbangka ke langit.Analisa Hartwig Hausdorf mungkin terlalu jauh atau berlebihan, kita orang awam menjadi sulit memahaminya. Dia menghubungkan mitologi Cina dengan keberadaan alien.Ketika revolusi kebudayaan meletus di Cina, dimana terjadi pembungkaman terhadap warga sipil oleh rezim komunis, berbagai data maupun klaim seputar penampakan UFO mustahil didapat. Namun kini agaknya sikap pemerintah terhadap alien dan UFO sudah berubah. Kini penampakan UFO lebih terbuka dibicarakan, termasuk seputar penemuan-penemuan mereka. 

0 komentar:

Posting Komentar